Kamis, 01 Oktober 2015

Budaya, Makanan Dan Ciri khas Lamongan



Lamongan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Ibu kotanya adalah Lamongan. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat. Pusat pemerintahan Kabupaten Lamongan terletak 50 km sebelah barat Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lamongan merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusilo.
 
Lamongan terkenal dengan budaya, wisata, kulinernya dan masih banyak lainnya. Lamongan cukup terkenal di indonesia. Tak hanya wisatanya saja bahkan tragedi pengeboman bom Bali yang dilakukan oleh Amrozi dan kawan kawan mebuat nama Lamongan lebih terkenal di seluruh plosok negeri bahkan hingga di manca negara. Seperti yang telah kita ketahui bahwa lamongan utara termasuk sebagai pantai utara sehingga Lamongan kaya akan wisata baharinya. Seperti WBL (Wisata Bahari Lamongan) itu merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan Lamongan, karena banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan interlokal. yang menjadi simbol dari tempat wisata itu sendiri yakni Tanjung Kodok, sebuah batu yang menjorok kelaut yang berbentuk menyerupai tanjung kodok sehingga tanjung itu dijuluki tanjung kodok. Tepat didepan WBL terdapat goa Maharani yang tak kalah dengan WBL. Goa ini sudah terkenal sejak dulu bahkan sebelum WBL dibangun.Dan saat ini goa Maharani semakin lama semakin bagus karena pengelolaan tempat itu sendiri sehingga sejak dari beberapa tahun yang lalu goa Maharani menjadi Maharani Zoo And Goa (Mazola). Didalam Mazola terdapat binatang, satwa, hewan serta burung yang beraneka macam. Itulah yang menjadi daya tarik dari Mazola itu sendiri. Pengunjung akan di manjakan dengan berbagai ragam binatang. Bukan hanya itu saja di Lamongan ada TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan ada juga pelabuhan.

Budaya yang ada di daerah Lamongan yaitu tari Boran, tari mayang Madu, tari Turonggo solah, tari Sinau, tari Silir-Silir dan masih banyak lainnya. selain tarian ada juga budaya di lamongan yaitu upacara adat di lamongan yang biasa disebut bekasri yang berasal dari kata bek dan asri. bek dan asri mempunyai arti tersendiri yakni bek berarti penuh sedangkan asri berarti indah atau menarik jadi bekasri berarti penuh keindahan yang menarik hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar