Kamis, 01 Oktober 2015

Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal 19 Juni 1963. UMM juga merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah. Kampus yang terkenal dengan "Jas Merah Kampus Putih". Kampus ini beralamatkan Jl. Raya Tlogo Mas No.246 Malang. UMM terdiri dari 3 kampus, kampus pertama yakni dikukhususkan untuk pasca sarjana, kampus dua umtuk Fakultas Kedokteran Dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Dan Kampus Tiga merupakan kampus utama.

Umm adalah universitas yang pertama kali mendapatkan akreditasi A di Jawa Timur. UMM merupakan universitas yang ternama di Indinesia. Banyak Program Studi yang telah mendapatkan Akreditasi A. Meskipun UMM merupakan Pergururuan tinggi swasta, namun kualitas pendidikan di UMM sangat baik. Bahkan UMM mampu bersaing dengan perguruan tinggi swasta maupun negeri di seluruh indonesia. UMM juga merupakan satu satunya perguruan tinggi swasta yang telah memperoleh kategori penelitian mandiri diantara 15 perguruan tinggi. Mahasiswa UMM juga banyak yang mendapatkan beasiswa di luar negeri. Selain itu juga UMM menyediakan banyak beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi. Ada juga beasiswa bagi anak yatim piatu sehingga mereka yang kurang mampu secara perekonomian juga bisa belajar di UMM. Banyak sekali usaha yang dimiliki UMM, antara lain Rumah Sakit UMM, Bengkel UMM, Pom Bensin UMM, Bookstore UMM, Taman Rekreasi Sengkaling dan masih banyak yang lainnya.

Banyak mahasiswa pelosok negeri yang belajar di UMM, dari semua suku, ras agama, daerah. Mulai dari Sumbawa, Papua, Flores, Kalimantan. Dari yang beragama Islam, Kristen, Protestan. hindu, Budha bahkan juga banyak ,ahasiswa luar negeri yang belajar di UMM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar